Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Pujiastuti, Pujiastuti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23782/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/ |
ctrlnum |
23782 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23782/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Pujiastuti, Pujiastuti</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran
cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan
pemahaman siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas
II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman
siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode
pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa
Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk menjelaskan proses mengajar PKn dengan menggunakan
metode pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada
siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
Tahun Pelajaran 2012/2013
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa
kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa yang dijadikan objek sebanyak 25 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskrptif komparatif dan kritis.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan model cooperative
learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman dan
keaktifan siswa pada pembelajaran PKn materi sikap demokratis pada siswa Kelas II SD
Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran
2012/2013, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada kondisi awal nilai
rata-rata kelas sebesar 65,24. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,16. Pada siklus II nilai
rata-rata kelas sebesar 76,52. 2) Peningkatan pemahaman siswa mengenai sikap demokratis
dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa
Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 dari kondisi awal sampai dengan siklus II yaitu rata-rata kelas pada
kondisi awal sebesar 65,24 dan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 76,52. Sehingga
mengalami peningkatan sebesar 11,28. 3) Penerapan pengajaran PKn dengan
menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan
Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sesuai model NHT yaitu: 1)
Penomoran, 2) Mengajukan pertanyaan, 3) Berfikir Bersama, dan 4) Menjawab
Pertanyaan.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23782/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Pujiastuti, Pujiastuti (2013) Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A100116</relation><recordID>23782</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Pujiastuti, Pujiastuti |
title |
Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Sikap Demokratis Dalam Pembelajaran PKN Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23782/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23782/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran
cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan
pemahaman siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn pada siswa Kelas
II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman
siswa mengenai sikap demokratis dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode
pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa
Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk menjelaskan proses mengajar PKn dengan menggunakan
metode pembelajaran cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) pada
siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
Tahun Pelajaran 2012/2013
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa
kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa yang dijadikan objek sebanyak 25 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskrptif komparatif dan kritis.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan model cooperative
learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman dan
keaktifan siswa pada pembelajaran PKn materi sikap demokratis pada siswa Kelas II SD
Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran
2012/2013, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada kondisi awal nilai
rata-rata kelas sebesar 65,24. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,16. Pada siklus II nilai
rata-rata kelas sebesar 76,52. 2) Peningkatan pemahaman siswa mengenai sikap demokratis
dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa
Kelas II SD Negeri 03 Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013 dari kondisi awal sampai dengan siklus II yaitu rata-rata kelas pada
kondisi awal sebesar 65,24 dan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 76,52. Sehingga
mengalami peningkatan sebesar 11,28. 3) Penerapan pengajaran PKn dengan
menggunakan metode pembelajaran NHT pada siswa Kelas II SD Negeri 03 Plesungan
Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah sesuai model NHT yaitu: 1)
Penomoran, 2) Mengajukan pertanyaan, 3) Berfikir Bersama, dan 4) Menjawab
Pertanyaan. |
id |
IOS2728.23782 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:31Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810746146422784 |
score |
17.538404 |