Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Main Author: Wigati, Amrih
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/
ctrlnum 23737
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23737/</relation><title>Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 </title><creator>Wigati, Amrih</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kecamatan Karangpandan melalui Metode Eksperimen. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri&#xD; 02 Ngemplak yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan,identifikasi siswa,perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data&#xD; dilakukan melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, sajian data,&#xD; reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar&#xD; yang mana meliputi 6 indikator yaitu: kemauan untuk berbuat, jumlah waktu untuk belajar makain banyak, ketekunan dalam mengerjakan tugas,ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa,) lebih senang bekerja mandiri, dan juga dapat mempertahankan pendapatnya. Dari siklus I 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I mencapai 65%&#xD; pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan&#xD; Metode Eksperimen dapau meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak pada tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wigati, Amrih (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A100020</relation><recordID>23737</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wigati, Amrih
title Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23737/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kecamatan Karangpandan melalui Metode Eksperimen. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan,identifikasi siswa,perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, sajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang mana meliputi 6 indikator yaitu: kemauan untuk berbuat, jumlah waktu untuk belajar makain banyak, ketekunan dalam mengerjakan tugas,ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa,) lebih senang bekerja mandiri, dan juga dapat mempertahankan pendapatnya. Dari siklus I 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I mencapai 65% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan Metode Eksperimen dapau meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak pada tahun pelajaran 2012/2013.
id IOS2728.23737
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745984942080
score 17.538404