Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Main Author: | Wigati, Amrih |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/ |
ctrlnum |
23737 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23737/</relation><title>Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 </title><creator>Wigati, Amrih</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kecamatan Karangpandan melalui Metode Eksperimen. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri
02 Ngemplak yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan,identifikasi siswa,perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, sajian data,
reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar
yang mana meliputi 6 indikator yaitu: kemauan untuk berbuat, jumlah waktu untuk belajar makain banyak, ketekunan dalam mengerjakan tugas,ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa,) lebih senang bekerja mandiri, dan juga dapat mempertahankan pendapatnya. Dari siklus I 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I mencapai 65%
pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan
Metode Eksperimen dapau meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak pada tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wigati, Amrih (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A100020</relation><recordID>23737</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Wigati, Amrih |
title |
Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 02 Ngemplak Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23737/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak Kecamatan Karangpandan melalui Metode Eksperimen. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri
02 Ngemplak yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan,identifikasi siswa,perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, sajian data,
reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar
yang mana meliputi 6 indikator yaitu: kemauan untuk berbuat, jumlah waktu untuk belajar makain banyak, ketekunan dalam mengerjakan tugas,ulet dalam menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa,) lebih senang bekerja mandiri, dan juga dapat mempertahankan pendapatnya. Dari siklus I 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II.begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I mencapai 65%
pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan
Metode Eksperimen dapau meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngemplak pada tahun pelajaran 2012/2013. |
id |
IOS2728.23737 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:30Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745984942080 |
score |
17.538404 |