Daftar Isi:
  • Tujuan khusus penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan penerapan metode STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatirejo Jumapolo Karanganyar Tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitin Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatirejo. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan metode STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatirejo. Motivasi siswa pada siklus I mencapai58,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 55,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3%.