Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Tugiman, Tugiman
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/
ctrlnum 23727
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23727/</relation><title>Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon&#xD; Tahun Pelajaran 2012/2013 </title><creator>Tugiman, Tugiman</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajar-annya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V berjumlah 19 anak sangat rendah, yaitu 58,0. Hasil tersebut terjadi saat ulangan harian pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan.&#xD; Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun&#xD; 2012/2013; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau&#xD; (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,&#xD; dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon melalui penerapan alat peraga logam dan plastik,&#xD; guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; 2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 80% siswa dapat mencapai atau&#xD; melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 81,6 dengan katagori siswa yang tuntas ada 19 siswa (100 %).</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Tugiman, Tugiman (2013) Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54C090003</relation><recordID>23727</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Tugiman, Tugiman
title Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23727/
contents Selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajar-annya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V berjumlah 19 anak sangat rendah, yaitu 58,0. Hasil tersebut terjadi saat ulangan harian pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon melalui penerapan alat peraga logam dan plastik, guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; 2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 80% siswa dapat mencapai atau melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 81,6 dengan katagori siswa yang tuntas ada 19 siswa (100 %).
id IOS2728.23727
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745945096192
score 17.538404