Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Tugiman, Tugiman |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/ |
ctrlnum |
23727 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23727/</relation><title>Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon
Tahun Pelajaran 2012/2013 </title><creator>Tugiman, Tugiman</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajar-annya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V berjumlah 19 anak sangat rendah, yaitu 58,0. Hasil tersebut terjadi saat ulangan harian pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan.
Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun
2012/2013; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau
(Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon melalui penerapan alat peraga logam dan plastik,
guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; 2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 80% siswa dapat mencapai atau
melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 81,6 dengan katagori siswa yang tuntas ada 19 siswa (100 %).</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Tugiman, Tugiman (2013) Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54C090003</relation><recordID>23727</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Tugiman, Tugiman |
title |
Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon
Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23727/ |
contents |
Selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajar-annya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V berjumlah 19 anak sangat rendah, yaitu 58,0. Hasil tersebut terjadi saat ulangan harian pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan.
Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun
2012/2013; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau
(Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon melalui penerapan alat peraga logam dan plastik,
guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; 2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 80% siswa dapat mencapai atau
melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 81,6 dengan katagori siswa yang tuntas ada 19 siswa (100 %). |
id |
IOS2728.23727 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:30Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745945096192 |
score |
17.538404 |