Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013
Main Author: | Juwariyah, Siti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23725/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/6/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/8/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/9/02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/ |
ctrlnum |
23725 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23725/</relation><title>Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013
</title><creator>Juwariyah, Siti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan analisis data kritis yang terdiri dari membandingkan data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian
persentase keaktifan belajar siswa : 23,02% (keaktifan bertanya 19,04%, minat menjawab pertanyaan 14,30%, mengemukakan pendapat 4,80%, mengerjakan soal 52,40%, mendengarkan penjelasan guru 47,60%, saling membantu saat
menyelasaikan masalah 0%) pada siklus I : 61,10% (keaktifan bertanya 47,61%, minat menjawab pertanyaan 57,14%, mengemukakan pendapat 47,61%, mengerjakan soal 80,95%, mendengarkan penjelasan guru 85,71%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 47,61%) dan siklus II 86,50% (keaktifan bertanya 85,71%, minat menjawab pertanyaan 95,23%, mengemukakan pendapat 85,71%, mengerjakan soal 85,71%, mendengarkan penjelasan guru 95,23%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 71,42%). (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian 9 siswa (42,80%), pada siklus I ada 13 siswa (61,91%) dan siklus II ada 20 siswa (95,24%).
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/2/04_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/3/05_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/4/06_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/5/07_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/6/08_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/8/10_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/9/02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Juwariyah, Siti (2013) Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54C090021</relation><recordID>23725</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Juwariyah, Siti |
title |
Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23725/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/6/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/8/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/9/02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23725/ |
contents |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan analisis data kritis yang terdiri dari membandingkan data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian
persentase keaktifan belajar siswa : 23,02% (keaktifan bertanya 19,04%, minat menjawab pertanyaan 14,30%, mengemukakan pendapat 4,80%, mengerjakan soal 52,40%, mendengarkan penjelasan guru 47,60%, saling membantu saat
menyelasaikan masalah 0%) pada siklus I : 61,10% (keaktifan bertanya 47,61%, minat menjawab pertanyaan 57,14%, mengemukakan pendapat 47,61%, mengerjakan soal 80,95%, mendengarkan penjelasan guru 85,71%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 47,61%) dan siklus II 86,50% (keaktifan bertanya 85,71%, minat menjawab pertanyaan 95,23%, mengemukakan pendapat 85,71%, mengerjakan soal 85,71%, mendengarkan penjelasan guru 95,23%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 71,42%). (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian 9 siswa (42,80%), pada siklus I ada 13 siswa (61,91%) dan siklus II ada 20 siswa (95,24%).
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. |
id |
IOS2728.23725 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:30Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745936707584 |
score |
17.538404 |