ctrlnum 23725
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23725/</relation><title>Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013&#xD; </title><creator>Juwariyah, Siti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan analisis data kritis yang terdiri dari membandingkan data, penyajian data dan penarikan&#xD; kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian&#xD; persentase keaktifan belajar siswa : 23,02% (keaktifan bertanya 19,04%, minat menjawab pertanyaan 14,30%, mengemukakan pendapat 4,80%, mengerjakan soal 52,40%, mendengarkan penjelasan guru 47,60%, saling membantu saat&#xD; menyelasaikan masalah 0%) pada siklus I : 61,10% (keaktifan bertanya 47,61%, minat menjawab pertanyaan 57,14%, mengemukakan pendapat 47,61%, mengerjakan soal 80,95%, mendengarkan penjelasan guru 85,71%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 47,61%) dan siklus II 86,50% (keaktifan bertanya 85,71%, minat menjawab pertanyaan 95,23%, mengemukakan pendapat 85,71%, mengerjakan soal 85,71%, mendengarkan penjelasan guru 95,23%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 71,42%). (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian 9 siswa (42,80%), pada siklus I ada 13 siswa (61,91%) dan siklus II ada 20 siswa (95,24%).&#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/2/04_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/3/05_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/4/06_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/5/07_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/6/08_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/8/10_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23725/9/02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Juwariyah, Siti (2013) Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54C090021</relation><recordID>23725</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Juwariyah, Siti
title Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012 / 2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23725/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/2/04_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/3/05_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/4/06_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/5/07_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/6/08_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/8/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/9/02_NASAKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23725/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 21 siswa, dan guru sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan analisis data kritis yang terdiri dari membandingkan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari (1) sebelum dilakukan penelitian persentase keaktifan belajar siswa : 23,02% (keaktifan bertanya 19,04%, minat menjawab pertanyaan 14,30%, mengemukakan pendapat 4,80%, mengerjakan soal 52,40%, mendengarkan penjelasan guru 47,60%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 0%) pada siklus I : 61,10% (keaktifan bertanya 47,61%, minat menjawab pertanyaan 57,14%, mengemukakan pendapat 47,61%, mengerjakan soal 80,95%, mendengarkan penjelasan guru 85,71%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 47,61%) dan siklus II 86,50% (keaktifan bertanya 85,71%, minat menjawab pertanyaan 95,23%, mengemukakan pendapat 85,71%, mengerjakan soal 85,71%, mendengarkan penjelasan guru 95,23%, saling membantu saat menyelasaikan masalah 71,42%). (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian 9 siswa (42,80%), pada siklus I ada 13 siswa (61,91%) dan siklus II ada 20 siswa (95,24%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunakan metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
id IOS2728.23725
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745936707584
score 17.538404