ctrlnum 23702
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23702/</relation><title>Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IV SDN 2 Taskombang Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Farida, Nunung </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pemecahan masalah pada siswa kelas IV SDN 2 Taskombang tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan subyek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Taskombang dengan jumlah muridnya 20 siswa. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Taskombang tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan meliputi aspek sebagai berikut:(1) mengerjakan PR sebelum tindakan 60% (12) setelah dilakukan tindakan siklus I 75% (15) dan siklus II 100% (20), (2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan sebelum tindakan 40%(8) setelah dilakukan tindakan siklus I 65% (13) dan siklus II 90% (18), (3) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 35% (7)setelah dilakukan tindakan siklus I 50% (10) dan siklus II 80% (16). Selanjutnya prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan yaitu sebelum dilakukan tindakan 40% (8), setelah dilakukan tindakan siklus I 60% (12) dan siklus II 85% (17). Berdasarkan perbandingan nilai hasil belajar yang diperoleh maka sudah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar setelah diadakan tindakan dengan strategi pemecahan masalah.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/1/cover%2C%2C%2C%2C%2C.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/10/DAFTAR_PUSTAKA_aquuuu.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/12/LAMPIRAN..pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23702/13/NASKAH_PUBLIKASI_NEW.pdf</identifier><identifier> Farida, Nunung (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IV SDN 2 Taskombang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54B090141</relation><recordID>23702</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Farida, Nunung
title Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IV SDN 2 Taskombang Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/23702/1/cover%2C%2C%2C%2C%2C.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/10/DAFTAR_PUSTAKA_aquuuu.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/12/LAMPIRAN..pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/13/NASKAH_PUBLIKASI_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23702/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pemecahan masalah pada siswa kelas IV SDN 2 Taskombang tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan subyek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Taskombang dengan jumlah muridnya 20 siswa. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Taskombang tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan meliputi aspek sebagai berikut:(1) mengerjakan PR sebelum tindakan 60% (12) setelah dilakukan tindakan siklus I 75% (15) dan siklus II 100% (20), (2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan sebelum tindakan 40%(8) setelah dilakukan tindakan siklus I 65% (13) dan siklus II 90% (18), (3) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 35% (7)setelah dilakukan tindakan siklus I 50% (10) dan siklus II 80% (16). Selanjutnya prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan yaitu sebelum dilakukan tindakan 40% (8), setelah dilakukan tindakan siklus I 60% (12) dan siklus II 85% (17). Berdasarkan perbandingan nilai hasil belajar yang diperoleh maka sudah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar setelah diadakan tindakan dengan strategi pemecahan masalah.
id IOS2728.23702
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745585434624
score 17.538404