Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain play dough di kelompok B TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, tingkat kreativitas anak rendah dan guru mengupayakan alternative pemecahan masalah dengan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kreativitas anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan bermain play dough. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TKIT Al Hasna Manjung yang berjumlah 13 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 75% dari 13 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui bermain play dough, yakni kreativitas pada saat pra siklus sebanyak 3 anak (23%), peningkatan kreativitas pada siklus 1 sebanyak 7 anak (53,85%) dan peningkatan kreativitas pada siklus 2 meningkat menjadi 10 anak (76,92%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, terbukti bahwa melalui bermain play dough dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TKIT Al Hasna Manjung Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.