ctrlnum 23699
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23699/</relation><title>Meningkatkan Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mayungan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 </title><creator>Dewi, Cicilia Utami </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun 2012/2013. Media yang digunakan gambar-gambar tentang erosi,banjir,abrasi , longsor. Hal ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima pelajaran IPA secara visual tidak hanya dalam bentuk ceramah saja. Dari strategi picture and picture yang diterapkan pada proses pembelajaran IPA dihasilkan data prosentase rata-rata motivasi belajar siswa sebagai berikut : pra siklus : 9.5% , siklus I pertemuan I : 38.10% , siklus I pertemuan II : 39.68%, sedang siklus II pertemuan I : 62% dan siklus II pertemuan II : 92%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa karena sudah lebih dari 85 % siswa aktif ( Indikator motivasi belajar : 85% siswa aktif). Sedangkan penelitian dalam proses belajar mengajar melalui strategi picture and picture didapat data prosentase hasil belajar sebagai berikut: ketuntasan pada pra siklus : 14.29% , ketuntasan pada siklus I pertemuan I : 28.57% , ketuntasan pada siklus I pertemuan II : 42.8% , ketuntasan pada siklus II pertemuan I : 71.45% dan terakhir ketuntasan pada siklus II pertemuan II : 90.48%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena sudah lebih dari 80 % siswa hasil belajarnya meningkat (Indikator hasil belajar : 80% siswa nilai rata-ratanya minimal sama dengan KKM). Dari perolehan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/2/3._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/3/4._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/4/5._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/5/6._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/8/7._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/9/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/11/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23699/13/9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Dewi, Cicilia Utami (2013) Meningkatkan Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mayungan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54B090110</relation><recordID>23699</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Dewi, Cicilia Utami
title Meningkatkan Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Strategi Picture And Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mayungan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/23699/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/2/3._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/3/4._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/4/5._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/5/6._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/8/7._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/9/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/11/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/13/9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23699/
contents Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun 2012/2013. Media yang digunakan gambar-gambar tentang erosi,banjir,abrasi , longsor. Hal ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima pelajaran IPA secara visual tidak hanya dalam bentuk ceramah saja. Dari strategi picture and picture yang diterapkan pada proses pembelajaran IPA dihasilkan data prosentase rata-rata motivasi belajar siswa sebagai berikut : pra siklus : 9.5% , siklus I pertemuan I : 38.10% , siklus I pertemuan II : 39.68%, sedang siklus II pertemuan I : 62% dan siklus II pertemuan II : 92%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa karena sudah lebih dari 85 % siswa aktif ( Indikator motivasi belajar : 85% siswa aktif). Sedangkan penelitian dalam proses belajar mengajar melalui strategi picture and picture didapat data prosentase hasil belajar sebagai berikut: ketuntasan pada pra siklus : 14.29% , ketuntasan pada siklus I pertemuan I : 28.57% , ketuntasan pada siklus I pertemuan II : 42.8% , ketuntasan pada siklus II pertemuan I : 71.45% dan terakhir ketuntasan pada siklus II pertemuan II : 90.48%. Prosentase ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena sudah lebih dari 80 % siswa hasil belajarnya meningkat (Indikator hasil belajar : 80% siswa nilai rata-ratanya minimal sama dengan KKM). Dari perolehan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mayungan, Kabupaten Klaten, tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA
id IOS2728.23699
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745574948864
score 17.538404