Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPA dengan strategi index card match. Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD N 3 Kahuman yang berjumlah 12 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi testdanwawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa untuk bertanya dari pra siklus 41% pada siklus I menjadi 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%,untuk tingkat keaktifan siswa dalam hal mencatat pada pra siklus 66% pada siklus I menjadi 75% dan siklus ke II meningkat menjadi 83%,komitmen siswa dalam mengerjakan tugas pada pra siklus 58% pada siklus I menjadi 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 83%,sedangkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran pada pra siklus 41% pada siklus I menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Sedangkanpeningkatan hasil belajar siswa sebagaiberikut, dari 12 siswa diperoleh prosentase keberhasilan belajar pada siklus I 66,66% dan pada siklus II meningkat menjadi83,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disarankan bahwa hendaknya guru mencoba Strategi Index Card Macth untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.