Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Card Sort pada Matapelajaran IPA Siswa Kelas IV MI M Janti Polanharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Wulandari, Tri Retno |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23690/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/8/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/11/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/12/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/14/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/19/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23690/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Card sort pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MIM Janti Polanharjo (2) untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi Card sort pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MIM Janti Polanharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI M Janti Polanharjo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui strategi Card sort. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian motivasi belajar siswa . Adapun aspek motivasi meliputi; aspek tekun mengerjakan tugas dari pra siklus( 31,81%), siklus I (40,09%) dan siklus II (77,27%), aspek aktif bertanya dari pra siklus (18,81%), siklus I (27,72%) dan siklus II (81,81%), aspek aktif berdiskusi dari pra siklus (22,72%), siklus I (40,09%) dan siklus II (77,27%), aspek semangat dalam proses pembelajaran dari pra siklus (27,72%), siklus I (36,36%) dan siklus II (86,36%). Selain motivasi belajar , hasil belajar juga meningkat dari pra siklus sebesar(31,81%) kemudian meningkat pada siklus I (50%), karena belum memenuhi target maka diadakan siklus II yang menunjukkan peningkatan sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalai strategi Card sort dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.