ctrlnum 23681
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23681/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013&#xD; &#xD; </title><creator>Sundari, Uun </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan Strategi Role Playing pda siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo Tahun&#xD; Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo sebanyak 26&#xD; siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah pelaksanaan penelitian&#xD; menggunakan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan strategi Role playing dapat&#xD; meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan mengingkatnya persentase isi pembicaraan, tujuan pembicaraan, nada bicara dan kesopanan&#xD; berbicara dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 61,5%, tujuan pembelajaran 30,7%, nada bicara&#xD; 65,4% dan kesopanan berbicara 76,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 84,5%, tujuan pembelajaran&#xD; 88,5%, nada bicara 92,3% dan kesopanan berbicara 96,2%. Penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa&#xD; kelas V SD Negeri Kebonharjo tahun ajaran 2012/2013. Dilihat dari hasil tes berbicara pada Siklus I diketahui 15 siswa (57,7%) dari 26 siswa telah mencapai&#xD; KKM (60) dan meningkat pada Siklus II sebanyak 25 siswa (96,2%) dari 26 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sundari, Uun (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54B090112</relation><recordID>23681</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sundari, Uun
title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/23681/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23681/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan Strategi Role Playing pda siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan strategi Role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan mengingkatnya persentase isi pembicaraan, tujuan pembicaraan, nada bicara dan kesopanan berbicara dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 61,5%, tujuan pembelajaran 30,7%, nada bicara 65,4% dan kesopanan berbicara 76,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 84,5%, tujuan pembelajaran 88,5%, nada bicara 92,3% dan kesopanan berbicara 96,2%. Penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo tahun ajaran 2012/2013. Dilihat dari hasil tes berbicara pada Siklus I diketahui 15 siswa (57,7%) dari 26 siswa telah mencapai KKM (60) dan meningkat pada Siklus II sebanyak 25 siswa (96,2%) dari 26 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.
id IOS2728.23681
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745514131456
score 17.538404