Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Sundari, Uun |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23681/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/ |
ctrlnum |
23681 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23681/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

</title><creator>Sundari, Uun </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan Strategi Role Playing pda siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo Tahun
Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo sebanyak 26
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah pelaksanaan penelitian
menggunakan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan strategi Role playing dapat
meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan mengingkatnya persentase isi pembicaraan, tujuan pembicaraan, nada bicara dan kesopanan
berbicara dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 61,5%, tujuan pembelajaran 30,7%, nada bicara
65,4% dan kesopanan berbicara 76,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 84,5%, tujuan pembelajaran
88,5%, nada bicara 92,3% dan kesopanan berbicara 96,2%. Penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa
kelas V SD Negeri Kebonharjo tahun ajaran 2012/2013. Dilihat dari hasil tes berbicara pada Siklus I diketahui 15 siswa (57,7%) dari 26 siswa telah mencapai
KKM (60) dan meningkat pada Siklus II sebanyak 25 siswa (96,2%) dari 26 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23681/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sundari, Uun (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54B090112</relation><recordID>23681</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sundari, Uun |
title |
Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebonharjo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23681/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23681/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan Strategi Role Playing pda siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo Tahun
Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo sebanyak 26
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah pelaksanaan penelitian
menggunakan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya mencakup 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan strategi Role playing dapat
meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Kebonharjo, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan mengingkatnya persentase isi pembicaraan, tujuan pembicaraan, nada bicara dan kesopanan
berbicara dalam proses pembelajaran. Pada siklus I persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 61,5%, tujuan pembelajaran 30,7%, nada bicara
65,4% dan kesopanan berbicara 76,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase klasikal isi pembicaraan siswa sebesar 84,5%, tujuan pembelajaran
88,5%, nada bicara 92,3% dan kesopanan berbicara 96,2%. Penggunaan strategi role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa
kelas V SD Negeri Kebonharjo tahun ajaran 2012/2013. Dilihat dari hasil tes berbicara pada Siklus I diketahui 15 siswa (57,7%) dari 26 siswa telah mencapai
KKM (60) dan meningkat pada Siklus II sebanyak 25 siswa (96,2%) dari 26 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM.
|
id |
IOS2728.23681 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:30Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745514131456 |
score |
17.538404 |