Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Kolam Pancing (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Anak Kelompok B di TK Tohkuning 03 Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013)
Main Author: | Redyowati, Lasrini |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23663/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23663/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui kolam pancing di TK Tohkunig 03, Karangpandan, Karanganyar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan kolaboratif dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara analisis komparatif. Penelitian ini menunjukkan hasil adanya peningkatan kemampuan berhitung anak, yaitu pada tahap prasiklus sebesar 49%, siklus I 77,9% dan siklus II 86%. Indikator kemampuan berhitung yang dikembangkan yaitu: membilang/ menyebut urutan bilangan dari 1-20, membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10, menghubungkan/ memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 dan menyebutkan hasil penambahan (menghubungkan dua kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda dengan benda sampai 10). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak dapat dikembangkan melalui media kolam pancing.