Pengembangan Kemampuan Bercerita Pada Anak Melalui Media Gambar Kartun Pada Kelompok B RA Sudirman Waru Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Wahyuni, Nunung |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23659/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/12/PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23659/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan bercerita anak di Taman RA Sudirman Waru Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Media Gambar Kartun dimana jumlah subyek penelitian 17 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kemampuan bercerita yaitu sebelum tindakan 41,18%, kemudian berkembang menjadi 61,1% pada siklus I dan berkembang menjadi 83,76% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan media gambar kartun dapat mengembangkan kemampuan bercerita anak.