Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Memahami Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelompok B TK Giriwondo 01 Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Sularmi, Sularmi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23657/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan anak di Taman Kanak-Kanak Giriwondo 01 Jumapolo, Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode demonstrasi untuk mengembangkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan dimana jumlah subyek penelitian 16 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kemampuan motorik halus anak anak yaitu sebelum tindakan 45,83% di kondisi pra siklus menjadi 63,28% di siklus I dan akhirnya sebesar 84,11% di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan.