ctrlnum 23645
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23645/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion&#xD; Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Rahayu, Sri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis&#xD; penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19&#xD; siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data&#xD; digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang&#xD; berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil&#xD; belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa&#xD; sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I&#xD; mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar&#xD; IPA.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/7/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/15/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Sri (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090033,</relation><recordID>23645</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahayu, Sri
title Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23645/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/6/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/7/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/15/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23645/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19 siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA.
id IOS2728.23645
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810745389350912
score 17.538404