Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Rahayu, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23645/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/7/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/15/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/ |
ctrlnum |
23645 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23645/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion
Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Rahayu, Sri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19
siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data
digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang
berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil
belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa
sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I
mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar
IPA.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/7/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/15/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23645/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Sri (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090033,</relation><recordID>23645</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Rahayu, Sri |
title |
Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion
Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23645/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/7/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/15/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23645/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19
siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data
digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang
berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil
belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa
sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I
mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar
IPA. |
id |
IOS2728.23645 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745389350912 |
score |
17.538404 |