Penerapan Strategi Pembelajaran “Everyone Is A Teacher Here” Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pelem Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Dwijayanti, Marsinta |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23634/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/17/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/19/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23634/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Pelem Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik deskriptif kualitatif sebagai analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) keaktifan mendengarkan penjelasan dan intruksi dari guru meningkat dari siklus I 50% menjadi 87,5% pada siklus II. b) keaktifan mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 50% menjadi 87,5%. c) keaktifan menjawab pertanyaan/ soal siklus I 62,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. d) keaktifan siswa merespon jawaban teman siklus I 37,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 2 siswa (25%), 5 siswa (62,5%) pada siklus I, dan 7 siswa (87,5%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.