Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD Negeri Celep 5 Kedawung Sragen dengan menggunakan media Bergambar Seri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Celep 5 Kedawung Sragen yang berjumlah 22 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan media Bergambar Seri. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan menulis paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan keterampilan menulis paragraf tersebut dinilai dari 5 aspek yaitu isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, tata bahasa, kosa kata, dan ejaan. Peningkatan hasil belajar keterampilan menulis paragraf tersebut dapat dilihat dari pra siklus hanya 36,36% atau 8 siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 59,8, kemudian pada siklus I mencapai 14 siswa atau 63,63% yang mencapai KKM dengan nilai ratarata 70,13, dan meningkat pada siklus II mencapai 19 siswa atau 86,36% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 78,90. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media Bergambar Seri dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Celep 5 Kedawung Sragen tahun ajaran 2012/2013.