Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Canden Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Pamuji, Wening
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23622/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/2/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/3/3._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/7/4._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/9/5._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/10/6._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/14/8._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/15/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23622/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan diskripsi melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden tahun pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Canden. Objeknya adalah kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran bahasa indonesia. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada prasiklus rata -rata nilai siswa hanya 62,9 dengan presentase yang mencapai nilai di atas KKM (65) adalah 46,7% (7 siswa). Siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan nilai rata -rata 72,7 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 73,3% (11 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi dengan nilai rata -rata 80,3 dan presentase siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 93,3% (14 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis karangan diskripsi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing (Saling Tukar Pengetahuan).