ctrlnum 23619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23619/</relation><title>Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013</title><creator>Indriyawati, Susi </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013&#x201D;.&#xD; Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan,&#xD; pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 01 Ganten yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan&#xD; dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N 01 Ganten tahun&#xD; pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari 1) sering bertanya kepada guru sebelum tindakan sebesar 17,36% diakhir putaran mencapai 60,76% 2) bekerja&#xD; sendiri saat mengerjakan tugas sebelum tindakan mencapai 47,74% dan di akhir putaran mencapai 73,78% 3) menghargai keindahan sebelum tindakan sebesar&#xD; 30,38% dan di akhir putaran mencapai 82,46% 4) mengajukan pemikiran sebelum tindakan sebesar 13,03% dan di akhir putaran mencapai 52,08%. Hasil belajar&#xD; siswa meningkat di setiap siklus terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa ( 30,5%) dengan&#xD; nilai rata-rata siswa sebesar 57,17 pada siklus I hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 11 siswa (47,74%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 64,56 dan pada siklus II hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 20&#xD; siswa (86,8%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,08 Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan&#xD; kreativitas pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012-2013</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/2/1._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/4/2._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/6/3._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/7/4._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/8/5._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/11/6._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/13/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/15/8._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23619/17/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Indriyawati, Susi (2013) Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090093</relation><recordID>23619</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Indriyawati, Susi
title Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23619/2/1._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/4/2._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/6/3._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/7/4._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/8/5._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/11/6._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/13/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/15/8._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/17/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23619/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 01 Ganten yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N 01 Ganten tahun pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari 1) sering bertanya kepada guru sebelum tindakan sebesar 17,36% diakhir putaran mencapai 60,76% 2) bekerja sendiri saat mengerjakan tugas sebelum tindakan mencapai 47,74% dan di akhir putaran mencapai 73,78% 3) menghargai keindahan sebelum tindakan sebesar 30,38% dan di akhir putaran mencapai 82,46% 4) mengajukan pemikiran sebelum tindakan sebesar 13,03% dan di akhir putaran mencapai 52,08%. Hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa ( 30,5%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 57,17 pada siklus I hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 11 siswa (47,74%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 64,56 dan pada siklus II hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 20 siswa (86,8%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,08 Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012-2013
id IOS2728.23619
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810745291833344
score 17.538404