ctrlnum 23615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23615/</relation><title>Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A&#xD; SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Rahmawati, Risa Kasih </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian adalah guru dan&#xD; siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa,&#xD; perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan&#xD; triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab petanyaan atau mengerjakan soal,&#xD; mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan. Indikator mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 82% menjadi 87% pada siklus II. Indikator menjawab&#xD; petanyaan/mengerjakan soal siklus I 69% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Indikator selanjutnya mengemukakan pendapat pada siklus I 72% meningkat menjadi&#xD; 82% pada siklus II. Dan pada indikator membuat kesimpulan dari siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Selain peningkatan indikator partisipasi,&#xD; hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar para siklus hanya mencapai 49% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30&#xD; siswa atau 77%, dan meningkat pada siklus II mencapai 36 siswa atau 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar&#xD; pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/9/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Risa Kasih (2013) Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090148</relation><recordID>23615</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahmawati, Risa Kasih
title Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/9/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23615/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab petanyaan atau mengerjakan soal, mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan. Indikator mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 82% menjadi 87% pada siklus II. Indikator menjawab petanyaan/mengerjakan soal siklus I 69% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Indikator selanjutnya mengemukakan pendapat pada siklus I 72% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Dan pada indikator membuat kesimpulan dari siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Selain peningkatan indikator partisipasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar para siklus hanya mencapai 49% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30 siswa atau 77%, dan meningkat pada siklus II mencapai 36 siswa atau 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
id IOS2728.23615
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810745271910400
score 17.538404