Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Rahmawati, Risa Kasih |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/9/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/ |
ctrlnum |
23615 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23615/</relation><title>Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A
SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Rahmawati, Risa Kasih </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa,
perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab petanyaan atau mengerjakan soal,
mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan. Indikator mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 82% menjadi 87% pada siklus II. Indikator menjawab
petanyaan/mengerjakan soal siklus I 69% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Indikator selanjutnya mengemukakan pendapat pada siklus I 72% meningkat menjadi
82% pada siklus II. Dan pada indikator membuat kesimpulan dari siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Selain peningkatan indikator partisipasi,
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar para siklus hanya mencapai 49% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30
siswa atau 77%, dan meningkat pada siklus II mencapai 36 siswa atau 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar
pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/9/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23615/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Risa Kasih (2013) Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090148</relation><recordID>23615</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Rahmawati, Risa Kasih |
title |
Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A
SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/9/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23615/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa,
perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab petanyaan atau mengerjakan soal,
mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan. Indikator mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 82% menjadi 87% pada siklus II. Indikator menjawab
petanyaan/mengerjakan soal siklus I 69% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Indikator selanjutnya mengemukakan pendapat pada siklus I 72% meningkat menjadi
82% pada siklus II. Dan pada indikator membuat kesimpulan dari siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Selain peningkatan indikator partisipasi,
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar para siklus hanya mencapai 49% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30
siswa atau 77%, dan meningkat pada siklus II mencapai 36 siswa atau 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar
pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
|
id |
IOS2728.23615 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745271910400 |
score |
17.538404 |