Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Hartini, Indah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23614/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/6/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/7/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/11/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/14/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/ |
ctrlnum |
23614 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23614/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Hartini, Indah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sd negeri pajang 1 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,08%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 32 % dan setelah tindakan 76,63%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,63%, 4) aktif berdiskusi dengan kelompoknya 37% dan setelah tindakan 79,89%. Hasil belajar siswa dengan metode tes juga menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai 70 sebanyak 7 siswa (15,21%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (71,73%). Dengan demikian
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan uang. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/2/04_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/3/05_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/4/06_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/6/07_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/7/08_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/11/10_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/14/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hartini, Indah (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090181</relation><recordID>23614</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Hartini, Indah |
title |
Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23614/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/6/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/7/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/11/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/14/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23614/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sd negeri pajang 1 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,08%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 32 % dan setelah tindakan 76,63%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,63%, 4) aktif berdiskusi dengan kelompoknya 37% dan setelah tindakan 79,89%. Hasil belajar siswa dengan metode tes juga menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai 70 sebanyak 7 siswa (15,21%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (71,73%). Dengan demikian
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan uang. |
id |
IOS2728.23614 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745266667520 |
score |
17.538404 |