ctrlnum 23614
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23614/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Hartini, Indah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan&#xD; kelas. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sd negeri pajang 1 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,08%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 32 % dan setelah tindakan 76,63%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,63%, 4) aktif berdiskusi dengan kelompoknya 37% dan setelah tindakan 79,89%. Hasil belajar siswa dengan metode tes juga menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai 70 sebanyak 7 siswa (15,21%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (71,73%). Dengan demikian&#xD; penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan uang. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/2/04_BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/3/05_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/4/06_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/6/07_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/7/08_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/11/10_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23614/14/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hartini, Indah (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090181</relation><recordID>23614</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hartini, Indah
title Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23614/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/2/04_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/3/05_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/4/06_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/6/07_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/7/08_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/11/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/14/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23614/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sd negeri pajang 1 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,08%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 32 % dan setelah tindakan 76,63%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,63%, 4) aktif berdiskusi dengan kelompoknya 37% dan setelah tindakan 79,89%. Hasil belajar siswa dengan metode tes juga menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai 70 sebanyak 7 siswa (15,21%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (71,73%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan uang.
id IOS2728.23614
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810745266667520
score 17.538404