Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Naharin, Nila Fitriani |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23571/1/HAL_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/10/naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/23571/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking. Jenis penelitian ini termasuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II adalah : 1) Antusias siswa dalam menerima pembelajaran 84,61%, 2) Kemauan mendengarkan penjelasan dari guru 88,61%, 3) Keberanian menjawab pertanyaan 80,77%, 4) Kemauan mengerjakan soal latihan 92,31%, 5) Lebih senang bekerja mandiri 84,61%, 6) Dapat mempertahankan pendapatnya 76,92%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 46,15% atau 12 siswa, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 65,38% dan meningkat pada siklus II mencapai 22 siswa atau 84,61%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.