Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan penggunaaan media animasi dan dengan penggunaan media gambar, dan 2) hasil belajar yang lebih baik antara penggunaan media animasi dan penggunaan media gambar. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi siswa yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat, sampel penelitian ini menggunakan sampel populasi yakni seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan media animasi dan yang diajarkan dengan media gambar, terbukti dari hasil uji-t dengan nilai t hitung = 5,082> t tabel = 2,0687. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media animasi lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media gambar, terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media animasi sebesar 84,83 sedangkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar sebesar 70,17. Dari segi pengaruh peningkatan hasil belajar, pembelajaran dengan media animasi menyebabkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,343 setiap unitnya. Sedangkan pada pembelajaran dengan menggunakan media gambar hanya menyebabkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,126 setiap unitnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sehingga media animasi dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.