Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Nopitasari, Ninda
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/
ctrlnum 23522
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23522/</relation><title>Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Nopitasari, Ninda</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 2) Mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 3) Mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 4) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa. Sampel diambil sebanyak 43 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,055 + 0,190 X1 + 0,290 X2 + 0,526 X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) &#x201D; Ada pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit&#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,061&gt; 2,042 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,030 dengan sumbangan efektif sebesar 4,4%. 2) &#x201C; Ada pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit &#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,959 &gt; 2,042 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,016 dengan sumbangan efektif sebesar 8,7%. 3) &#x201C; Ada pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit &#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,670 &gt; 2,042 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,023 dengan sumbangan efektif sebesar 5,3%. 4) &#x201C; Ada pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit &#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu4,924 &gt; 2,990 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,004. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,184 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 18,4%, sedangkan 81,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23522/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nopitasari, Ninda (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080126</relation><recordID>23522</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nopitasari, Ninda
title Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23522/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 2) Mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 3) Mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 4) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa. Sampel diambil sebanyak 43 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,055 + 0,190 X1 + 0,290 X2 + 0,526 X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” Ada pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,061> 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030 dengan sumbangan efektif sebesar 4,4%. 2) “ Ada pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,959 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,016 dengan sumbangan efektif sebesar 8,7%. 3) “ Ada pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,670 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023 dengan sumbangan efektif sebesar 5,3%. 4) “ Ada pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu4,924 > 2,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,184 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 18,4%, sedangkan 81,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.23522
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810744682610688
score 17.538404