Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Main Author: Swandari, Niratih Retno
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23521/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/16/NASKAH_PUBLIKASI.PDF
http://eprints.ums.ac.id/23521/
ctrlnum 23521
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23521/</relation><title>Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012</title><creator>Swandari, Niratih Retno</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 2) kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 3) pola belajar dan&#xD; kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012.&#xD; Jenis penelitian termasuk deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh mahasiswa angkatan 2011/2012 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS yang ikut DAK 1 sebanyak 190 dan sampel 123 dengan teknik proporsional random&#xD; sampling dari sampel masing-masing kelas diambil dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Angket sebelumnya diuji coba dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi&#xD; linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,271 + 0,297X1 + 0,272X2. Kesimpulannya adalah: 1) pola belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung &gt; ttabel atau 2,613 &gt; 1,980 dan nilai signifikansi &lt;0,05yaitu 0,010 dengan sumbangan relatif sebesar 54,83% dan&#xD; sumbangan efektif sebesar 13,98%; 2) kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung&gt;ttabel atau 2,216 &gt; 1,980 dan nilai signifikansi&lt;0,05 yaitu 0,029 dengan sumbangan relatif 45,17% dan sumbangan efektif 11,52%; 3) pola belajar dan kreativitas belajar mahasiswa bersama-sama&#xD; berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda yaitu uji F yang diketahui bahwa Fhitung&gt;Ftabel atau 20,492 &gt; 3,071;&#xD; 4) hasil uji koefisien determinasi (R2) pola belajar sebesar 0,224 sehingga menunjukkan pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 22,4%. Hasil uji koefisien determinasi (R2), pola belajar dan kreativitas belajar yaitu 0,255 atau 25,5% sehingga menunjukkan besarnya pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 3,1% (25,5% - 22,4%).</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23521/16/NASKAH_PUBLIKASI.PDF</identifier><identifier> Swandari, Niratih Retno (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090174.</relation><recordID>23521</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Swandari, Niratih Retno
title Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23521/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23521/16/NASKAH_PUBLIKASI.PDF
http://eprints.ums.ac.id/23521/
contents Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 2) kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 3) pola belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Jenis penelitian termasuk deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh mahasiswa angkatan 2011/2012 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS yang ikut DAK 1 sebanyak 190 dan sampel 123 dengan teknik proporsional random sampling dari sampel masing-masing kelas diambil dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Angket sebelumnya diuji coba dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,271 + 0,297X1 + 0,272X2. Kesimpulannya adalah: 1) pola belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung > ttabel atau 2,613 > 1,980 dan nilai signifikansi <0,05yaitu 0,010 dengan sumbangan relatif sebesar 54,83% dan sumbangan efektif sebesar 13,98%; 2) kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung>ttabel atau 2,216 > 1,980 dan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,029 dengan sumbangan relatif 45,17% dan sumbangan efektif 11,52%; 3) pola belajar dan kreativitas belajar mahasiswa bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda yaitu uji F yang diketahui bahwa Fhitung>Ftabel atau 20,492 > 3,071; 4) hasil uji koefisien determinasi (R2) pola belajar sebesar 0,224 sehingga menunjukkan pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 22,4%. Hasil uji koefisien determinasi (R2), pola belajar dan kreativitas belajar yaitu 0,255 atau 25,5% sehingga menunjukkan besarnya pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 3,1% (25,5% - 22,4%).
id IOS2728.23521
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810744678416384
score 17.538404