Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Yuska, Cintia Okta Lestarining
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23520/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/
ctrlnum 23520
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23520/</relation><title>Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Yuska, Cintia Okta Lestarining</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui 1); Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan menurut tingkat kejelasan adalah diskriptif sedangkan menurut jenis dan data menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 75 siswa. Sampel sebanyak 75 siswa, data yang diperoleh melalui metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2 , sumbangan relatif dan sumbangan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y=76.567 + 0.068X1+ 0.023X2 . Kesimpulan yang diambil adalah bahwa; 1) Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,353 &gt; 1,992 dan nilai signifikan &gt; 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan relative sebesar 13,67 % dan sumbangan efektif sebesar 36 %; 2) Komunikasi guru terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 4,860 &gt; 1,992 dan signifikan &lt; 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan relatif 4,7 % dan sumbangan efektif 42 %; 3) Pengelolaan kelas dan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Dengan menggunakan analisis regresi (Uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 9,160 &gt; 3,119 dan nilai signifikan &lt; 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil koefisien determinasi (R2) pengelolaan kelas 0,025 sehingga dapat menunjukkan bahwa pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36%. Hasil uji koefisien regresi (R2) pengelolaan kelas dan komunikasi guru sebesar 0,780 atau 78%. Sehingga dapat menunjukkan besarnya pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar sebesar 42 % ( 78%- 36%).</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23520/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Yuska, Cintia Okta Lestarining (2013) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090110</relation><recordID>23520</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yuska, Cintia Okta Lestarining
title Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23520/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23520/
contents Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui 1); Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan menurut tingkat kejelasan adalah diskriptif sedangkan menurut jenis dan data menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 75 siswa. Sampel sebanyak 75 siswa, data yang diperoleh melalui metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2 , sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y=76.567 + 0.068X1+ 0.023X2 . Kesimpulan yang diambil adalah bahwa; 1) Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,353 > 1,992 dan nilai signifikan > 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan relative sebesar 13,67 % dan sumbangan efektif sebesar 36 %; 2) Komunikasi guru terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,860 > 1,992 dan signifikan < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan relatif 4,7 % dan sumbangan efektif 42 %; 3) Pengelolaan kelas dan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Dengan menggunakan analisis regresi (Uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,160 > 3,119 dan nilai signifikan < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil koefisien determinasi (R2) pengelolaan kelas 0,025 sehingga dapat menunjukkan bahwa pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36%. Hasil uji koefisien regresi (R2) pengelolaan kelas dan komunikasi guru sebesar 0,780 atau 78%. Sehingga dapat menunjukkan besarnya pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar sebesar 42 % ( 78%- 36%).
id IOS2728.23520
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810744673173504
score 17.538404