ctrlnum 23518
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23518/</relation><title>Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai&#xD; Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo&#xD; Tahun Ajaran 2012/2013 </title><creator>Listianingsih, Listianingsih</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 144 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan&#xD; analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan&#xD; regresi Y = 45,281 + 0,369.X1 + 0,311.X2, yang berarti bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung &gt; ttabel yaitu 5,344 &gt; 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b1X1, yaitu +0,369 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 57,9% dan sumbangan efektif sebesar 44,7%. 2) Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung &gt; ttabel yaitu 3,963 &gt; 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b2X2, yaitu +0,311 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 32,5%. 3)&#xD; Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji F diketahui nilai Fhitung &gt; Ftabel sebesar 165,369 &gt; 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000, berarti motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,773 yang menunjukkan bahwa kolaborasi variabel X1 dan X2 berpengaruh sebesar 77,3%,&#xD; sedangkan sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/12/LAMPIRAN.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23518/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Listianingsih, Listianingsih (2013) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090091</relation><recordID>23518</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Listianingsih, Listianingsih
title Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23518/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/12/LAMPIRAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/23518/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23518/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 144 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 45,281 + 0,369.X1 + 0,311.X2, yang berarti bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 5,344 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b1X1, yaitu +0,369 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 57,9% dan sumbangan efektif sebesar 44,7%. 2) Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,963 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b2X2, yaitu +0,311 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 32,5%. 3) Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 165,369 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,773 yang menunjukkan bahwa kolaborasi variabel X1 dan X2 berpengaruh sebesar 77,3%, sedangkan sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.23518
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810744662687744
score 17.538404