ctrlnum 23517
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23517/</relation><title>Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2012/2013</title><creator>Widyawati, Widyawati</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 2) pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 3) pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 66,515 + 0, 118 X1 + 0, 094 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) &#x201D;Ada pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali&#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,997 &gt; 1,960 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,017 dengan sumbangan efektif sebesar 21,2%. 2) &#x201C; Ada pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit&#xD; Boyolali &#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,675 &gt; 1,960 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%. 3) &#x201C; Ada pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali &#x201D; dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 5,407 &gt; 3,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,006. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,378 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,8%, sedangkan 62,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/17/LAMPIRANN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23517/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Widyawati, Widyawati (2013) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090059</relation><recordID>23517</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Widyawati, Widyawati
title Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23517/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/17/LAMPIRANN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23517/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 2) pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 3) pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 66,515 + 0, 118 X1 + 0, 094 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,997 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017 dengan sumbangan efektif sebesar 21,2%. 2) “ Ada pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,675 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%. 3) “ Ada pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,407 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,378 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,8%, sedangkan 62,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.23517
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:20Z
recordtype dc
_version_ 1765810744657444864
score 17.538404