Upaya Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

Main Author: Safitri, Rini Dewi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23448/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/16/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/18/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/23/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/26/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23448/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis dan sudut dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan garis dan sudut. Hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi 1) mengerjakan tugas yang diberikan guru sebelum tindakan28,57% dan setelah tindakan 71,43%,2) memperhatikanpenjelasan guru sebelum tindakan 35,71 % dan setelah tindakan 75%, 3) aktif dalam pembelajaran sebelum tindakan 32,14% dan setelah tindakan 82,14%, dan 4) memiliki semangat berkompetisi dalam prestasi 25% dan setelah tindakan 71,433%. Sedangkan indikator prestasi, siswa mencapai standar ketuntasan minimal (KKM ≥60) sebelum tindakan 10,71% dan setelah tindakan 82,14%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam belajar matematika.