ctrlnum 23433
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23433/</relation><title>Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten)&#xD; </title><creator>Puspitaningtyas, Henny Retno </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa&#xD; kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair&#xD; share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan&#xD; desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh&#xD; siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan&#xD; penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data&#xD; yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan&#xD; dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi&#xD; sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data,&#xD; penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat&#xD; disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan&#xD; siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1)&#xD; mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir&#xD; tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan&#xD; 24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan&#xD; kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi&#xD; Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan&#xD; keaktifan siswa.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Puspitaningtyas, Henny Retno (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A.410080074</relation><recordID>23433</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Puspitaningtyas, Henny Retno
title Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23433/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23433/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1) mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
id IOS2728.23433
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:14Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810744101699584
score 17.538404