Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten)
Main Author: | Puspitaningtyas, Henny Retno |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23433/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/ |
ctrlnum |
23433 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23433/</relation><title>Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten)
</title><creator>Puspitaningtyas, Henny Retno </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa
kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair
share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan
penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi
sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data,
penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan
siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1)
mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir
tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan
24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan
kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
keaktifan siswa.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23433/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Puspitaningtyas, Henny Retno (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A.410080074</relation><recordID>23433</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Puspitaningtyas, Henny Retno |
title |
Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23433/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23433/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa
kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair
share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan
penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi
sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data,
penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan
siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1)
mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir
tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan
24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan
kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
keaktifan siswa.
|
id |
IOS2728.23433 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:14Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810744101699584 |
score |
17.538404 |