Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Student Facilitator And Explaining Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa(Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Astuti, Indra Puji
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23427/1/COVER-INTISARI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/6/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/13/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23427/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh metode Student Facilitator and Explaining dan STAD terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 226 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas Student Facilitator and Explaining dan 32 siswa kelas STAD yang dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tidak sama. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian untuk α = 5% adalah: (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika.