Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIIF SMPN 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Nurhalimah, Fitriana |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23392/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23392/ |
Daftar Isi:
- Strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) adalah strategi pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMPN 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013 dengan strategi NHT (Numbered Heads Together). Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan makna).Setelah tindakan dengan dua siklus diperoleh hasil sebagai berikut : siswa yang memperhatikan guru sebanyak 26 siswa (83,87%), siswa yang bertanya 15 siswa (48,38%), siswa yang berpendapat atau menjawab pertanyaan ada 14 siswa (45,16%), dan siswa yang mengerjakan tugas latihan di rumah ada 31 siswa (100%). Selain itu diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas KKM ≥ 75 ada 24 siswa (77,41%) dengan rata-rata kelas 77,96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 3 Sawit Boyolali pada materi ekosistem.