Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Topical Review Terhadap Prestasi Belajar Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Fadzilah, Bachtiar Ibnu |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23355/1/00_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/4/01_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/5/02_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/7/03_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/8/04_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/11/05_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/15/06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23355/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas model pembelajaran menggunakan Crossword Puzzle dengan Topical Review pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013 dilihat dari aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang membandingkan antara model pembelajaran Crossword Puzzle dan model pembelajaran Topical Review. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle(76.03) dan rata- rata kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Topical Review (74.85). Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari alpha (0,05) yaitu 0,046 dan nilai rata-rata hasil belajar biologi kelas crossword puzzle lebih besar dari kelas topical review, yaitu 79,85 > 72,65 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran crossword puzzle dan model pembelajaran topical review. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Crossword Puzzle lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Topical Review pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Andong tahun ajaran 2012/2013.