Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Karya Toroh Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Anjarwati, Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23340/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/8/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/10/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/14/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/15/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/23340/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII.A SMP Karya Toroh Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumah 21 siswa dan subjek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran IPS siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 10%. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 50,79%. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 85,72%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan siswa melebihi indikator pencapaian yakni 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII.A SMP Karya Toroh Tahun Ajaran 2012/2013.