ctrlnum 23269
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23269/</relation><title>Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika &#xD; (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu ) &#xD; </title><creator>Murni, Etika Nomita </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator &#x2013; indikator, seperti : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan setelah tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan setelah tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan setelah tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan setelah tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan setelah tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/9/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/11/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23269/13/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Murni, Etika Nomita (2013) Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090048</relation><recordID>23269</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Murni, Etika Nomita
title Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23269/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/9/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/11/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/13/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23269/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator, seperti : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan setelah tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan setelah tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan setelah tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan setelah tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan setelah tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.
id IOS2728.23269
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:11Z
recordtype dc
_version_ 1765810742989160448
score 17.538404