Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Puspitasari, Dian Febriana |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23257/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/ |
ctrlnum |
23257 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23257/</relation><title>Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)
</title><creator>Puspitasari, Dian Febriana</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 4) Mendeskripsikan upaya guru untuk
menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali.
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kedisiplinan siswa dalam proses
pembelajaran PKn sudah baik walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin misalnya bercanda dengan teman sebangku, mengerjakan tugas lain dan ada yang tertidur saat KBM, 2) faktor yang dapat mendukung kedisiplinan siswa
dalam pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono antara lain sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta lokasi sekolah yang mendukung kenyamanan belajar, 3) kendala terciptanya kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono adalah masih adanya guru yang
kurang disiplin sehingga mereka meniru tingkah laku guru tersebut dan cara mengajar guru yang kurang menarik minat siswa, 4) upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas serta memberikan contoh yang baik bagi para siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Puspitasari, Dian Febriana (2013) Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220090031</relation><recordID>23257</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Puspitasari, Dian Febriana |
title |
Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23257/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23257/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 4) Mendeskripsikan upaya guru untuk
menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali.
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kedisiplinan siswa dalam proses
pembelajaran PKn sudah baik walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin misalnya bercanda dengan teman sebangku, mengerjakan tugas lain dan ada yang tertidur saat KBM, 2) faktor yang dapat mendukung kedisiplinan siswa
dalam pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono antara lain sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta lokasi sekolah yang mendukung kenyamanan belajar, 3) kendala terciptanya kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono adalah masih adanya guru yang
kurang disiplin sehingga mereka meniru tingkah laku guru tersebut dan cara mengajar guru yang kurang menarik minat siswa, 4) upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas serta memberikan contoh yang baik bagi para siswa. |
id |
IOS2728.23257 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:08Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742947217408 |
score |
17.538404 |