ctrlnum 23257
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23257/</relation><title>Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)&#xD; </title><creator>Puspitasari, Dian Febriana</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 4) Mendeskripsikan upaya guru untuk&#xD; menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan&#xD; Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali.&#xD; Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kedisiplinan siswa dalam proses&#xD; pembelajaran PKn sudah baik walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin misalnya bercanda dengan teman sebangku, mengerjakan tugas lain dan ada yang tertidur saat KBM, 2) faktor yang dapat mendukung kedisiplinan siswa&#xD; dalam pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono antara lain sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta lokasi sekolah yang mendukung kenyamanan belajar, 3) kendala terciptanya kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono adalah masih adanya guru yang&#xD; kurang disiplin sehingga mereka meniru tingkah laku guru tersebut dan cara mengajar guru yang kurang menarik minat siswa, 4) upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas serta memberikan contoh yang baik bagi para siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23257/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Puspitasari, Dian Febriana (2013) Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220090031</relation><recordID>23257</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Puspitasari, Dian Febriana
title Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23257/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23257/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 4) Mendeskripsikan upaya guru untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn sudah baik walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin misalnya bercanda dengan teman sebangku, mengerjakan tugas lain dan ada yang tertidur saat KBM, 2) faktor yang dapat mendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono antara lain sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta lokasi sekolah yang mendukung kenyamanan belajar, 3) kendala terciptanya kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono adalah masih adanya guru yang kurang disiplin sehingga mereka meniru tingkah laku guru tersebut dan cara mengajar guru yang kurang menarik minat siswa, 4) upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas serta memberikan contoh yang baik bagi para siswa.
id IOS2728.23257
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:08Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:10Z
recordtype dc
_version_ 1765810742947217408
score 17.538404