Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Putri, Tria Selviana Andriani Wahyuni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23253/1/3._halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/5/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/7/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/8/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/9/9._daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/12/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/14/2._naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/23253/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 2) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 250 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 146 siswa yang diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil penelitian adalah 1) Penggunaan metode pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,323 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 35,5%; 2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,020 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 40%; 3) Penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 220,521 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,755 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, adalah sebesar 75,5 % sedangkan 24,5 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.