Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa melalui pemanfaatan software CMT pada kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian termasuk PTK kolaboratif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 32 siswa. Peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan sekaligus pengamat dan guru matematika bertindak sebagai pengamat. Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur–unsur yang diketahui meningkat dari 15,625% menjadi 46,875%, (2) merumuskan masalah matematika meningkat dari 21,875% menjadi 46,875%, (3) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah meningkat dari 18,750% menjadi 56,250% (4) menjelaskan hasil dari permasalahan meningkat dari 15,625%menjadi 59,375%, (5) menyampaikan ide, gagasan, dan pertanyaan lain untuk solusi permasalahan yang ada meningkat dari 18,750% menjadi 46,875%, (6) memecahkan masalah dengan banyak alternatif jawaban meningkat dari 6,250% menjadi 18,750% dan (7) keberanian untuk menemukan solusi baru untuk berbagai permasalahan meningkat dari 9,375% menjadi 21,875%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan software CMT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar matematika siswa pada materi pelajaran “statistika” di kelas XI A Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Surakarta.