Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013)
Main Author: | WULANDARI , FERIANA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/ |
ctrlnum |
23203 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23203/</relation><title>Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving
Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika
(Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2
Manyaran Tahun 2012/2013)
</title><creator>WULANDARI , FERIANA </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan
adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan
subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan,
dokumentasidan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kecemasan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem
Solving. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keberanian siswa
dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,28% dan setelah tindakan
57,14%, 2) keberanian siswa dalam mengemukakan gagasan sebelum tindakan
9,52% dan setelah tindakan 47,61%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di
depan kelas sebelum tindakan 19,05% dan setelah tindakan 66,67%. Hasil tes
yang dilakukan di setiap akhir putaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa yang tuntas mendapat nilai ≥ 75, sebelum tindakan 23,80%
meningkat menjadi 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan
menerapkan metode pembelajaran Problem Solving dapat menurunkan kecemasan
siswa dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada peningkatan
prestasi belajar matematika siswa.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> WULANDARI , FERIANA (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090181</relation><recordID>23203</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WULANDARI , FERIANA |
title |
Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving
Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika
(Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2
Manyaran Tahun 2012/2013) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/23203/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan
adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan
subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan,
dokumentasidan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kecemasan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem
Solving. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keberanian siswa
dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,28% dan setelah tindakan
57,14%, 2) keberanian siswa dalam mengemukakan gagasan sebelum tindakan
9,52% dan setelah tindakan 47,61%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di
depan kelas sebelum tindakan 19,05% dan setelah tindakan 66,67%. Hasil tes
yang dilakukan di setiap akhir putaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa yang tuntas mendapat nilai ≥ 75, sebelum tindakan 23,80%
meningkat menjadi 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan
menerapkan metode pembelajaran Problem Solving dapat menurunkan kecemasan
siswa dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada peningkatan
prestasi belajar matematika siswa.
|
id |
IOS2728.23203 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:07Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742751133696 |
score |
17.538404 |