Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013)

Main Author: WULANDARI , FERIANA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/
ctrlnum 23203
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23203/</relation><title>Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving&#xD; Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam&#xD; Pembelajaran Matematika&#xD; (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2&#xD; Manyaran Tahun 2012/2013)&#xD; </title><creator>WULANDARI , FERIANA </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa dalam&#xD; pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Jenis&#xD; penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan&#xD; adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan&#xD; subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A.&#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan,&#xD; dokumentasidan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif&#xD; dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan&#xD; kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kecemasan&#xD; siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem&#xD; Solving. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keberanian siswa&#xD; dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,28% dan setelah tindakan&#xD; 57,14%, 2) keberanian siswa dalam mengemukakan gagasan sebelum tindakan&#xD; 9,52% dan setelah tindakan 47,61%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di&#xD; depan kelas sebelum tindakan 19,05% dan setelah tindakan 66,67%. Hasil tes&#xD; yang dilakukan di setiap akhir putaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi&#xD; belajar siswa yang tuntas mendapat nilai &#x2265; 75, sebelum tindakan 23,80%&#xD; meningkat menjadi 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan&#xD; menerapkan metode pembelajaran Problem Solving dapat menurunkan kecemasan&#xD; siswa dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada peningkatan&#xD; prestasi belajar matematika siswa.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> WULANDARI , FERIANA (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090181</relation><recordID>23203</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WULANDARI , FERIANA
title Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23203/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/11/LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/12/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23203/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasidan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,28% dan setelah tindakan 57,14%, 2) keberanian siswa dalam mengemukakan gagasan sebelum tindakan 9,52% dan setelah tindakan 47,61%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,05% dan setelah tindakan 66,67%. Hasil tes yang dilakukan di setiap akhir putaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang tuntas mendapat nilai ≥ 75, sebelum tindakan 23,80% meningkat menjadi 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Solving dapat menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.
id IOS2728.23203
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:07Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810742751133696
score 17.538404