Optimalisasi Kardus Bekas Sebagai Alat Peraga Untuk Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013)

Main Author: WAHYUNI , KHUSNIYATI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23189/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/
ctrlnum 23189
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23189/</relation><title>Optimalisasi Kardus Bekas Sebagai Alat Peraga Untuk Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta &#xD; (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013) &#xD; </title><creator>WAHYUNI , KHUSNIYATI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian, ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran melalui optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian, siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta sebanyak 31 siswa. Obyek penelitian, komunikasi dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi dan hasil belajar matematika yang meliputi : 1) berani menyampaikan pendapat sebelum tindakan 16,13% dan putaran II 70,96%, 2) menulis soal atau jawaban sebelum tindakan 29,03% dan putaran II 83,87%, 3) menggambar untuk memperjelas soal sebelum tindakan 19,35% dan putaran II 74,19%, 4) menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pemecahan masalah sebelum tindakan 9,67% dan putaran II 54,83%, dan 5) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 48,38% dan putaran II 93,54%. Simpulan penelitian, optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23189/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> WAHYUNI , KHUSNIYATI (2013) Optimalisasi Kardus Bekas Sebagai Alat Peraga Untuk Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090052</relation><recordID>23189</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WAHYUNI , KHUSNIYATI
title Optimalisasi Kardus Bekas Sebagai Alat Peraga Untuk Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23189/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23189/
contents Penelitian, ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran melalui optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian, siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta sebanyak 31 siswa. Obyek penelitian, komunikasi dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi dan hasil belajar matematika yang meliputi : 1) berani menyampaikan pendapat sebelum tindakan 16,13% dan putaran II 70,96%, 2) menulis soal atau jawaban sebelum tindakan 29,03% dan putaran II 83,87%, 3) menggambar untuk memperjelas soal sebelum tindakan 19,35% dan putaran II 74,19%, 4) menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pemecahan masalah sebelum tindakan 9,67% dan putaran II 54,83%, dan 5) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 48,38% dan putaran II 93,54%. Simpulan penelitian, optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika.
id IOS2728.23189
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:07Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:08Z
recordtype dc
_version_ 1765810742438658048
score 17.538404