Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Connecting, Organizing,Refleting, Extanding Pada Siswa Kelas X Pm I Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2011/2012
Main Author: | Sucipto , Nur Qomariyansyah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23168/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/ |
ctrlnum |
23168 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23168/</relation><title>Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Connecting, Organizing,Refleting, Extanding
Pada Siswa Kelas X Pm I Semester Genap
SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2011/2012
</title><creator> Sucipto , Nur Qomariyansyah</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan
komunikasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan
deret melalui strategi pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extanding.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai
tindakan yaitu siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36
siswa, sedangkan obyek penelitian yaitu komunikasi belajar matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan
metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis
interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber
dan metode. Hasil penelitian terdapat peningkatan komunikasi belajar matematika
yang dapat dilihat dari peningkatan indikator komunikasi belajar matematika
meliputi: 1) mampu berbicara, sebelum tindakan 33,33 %, putaran I 61,11%, dan
putaran II 88,88 %, 2) mampu menulis ,sebelum tindakan 36,11 %, putaran I 55,55
%, dan putaran II 77,77%, 3) mampu menggambar, sebelum tindakan 22,22 %,
putaran I 38,88%, dan putaran II 61,11%, 4) mampu menjelaskan konsep-konsep,
sebelum tindakan 11,11%, putaran I 27,77 %, dan putaran II 50%. Berdasarkan
uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Connecting,
Organizing, Reflecting, Extanding dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan komunikasi belajar matematika.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23168/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sucipto , Nur Qomariyansyah (2013) Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Connecting, Organizing,Refleting, Extanding Pada Siswa Kelas X Pm I Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080 276</relation><recordID>23168</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sucipto , Nur Qomariyansyah |
title |
Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Connecting, Organizing,Refleting, Extanding
Pada Siswa Kelas X Pm I Semester Genap
SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2011/2012 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23168/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23168/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan
komunikasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan
deret melalui strategi pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extanding.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai
tindakan yaitu siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36
siswa, sedangkan obyek penelitian yaitu komunikasi belajar matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan
metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis
interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber
dan metode. Hasil penelitian terdapat peningkatan komunikasi belajar matematika
yang dapat dilihat dari peningkatan indikator komunikasi belajar matematika
meliputi: 1) mampu berbicara, sebelum tindakan 33,33 %, putaran I 61,11%, dan
putaran II 88,88 %, 2) mampu menulis ,sebelum tindakan 36,11 %, putaran I 55,55
%, dan putaran II 77,77%, 3) mampu menggambar, sebelum tindakan 22,22 %,
putaran I 38,88%, dan putaran II 61,11%, 4) mampu menjelaskan konsep-konsep,
sebelum tindakan 11,11%, putaran I 27,77 %, dan putaran II 50%. Berdasarkan
uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Connecting,
Organizing, Reflecting, Extanding dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan komunikasi belajar matematika.
|
id |
IOS2728.23168 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:07Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742362112000 |
score |
17.538404 |