Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Setianingsih, Tatik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23147/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/6/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/8/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/10/03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/ |
ctrlnum |
23147 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23147/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Setianingsih, Tatik</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan
pasar dalam pembelajaran ekonomi melalui strategi pembelajaran Peer Lesson
dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode
observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas
data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat
daribanyaknya siswa yang: aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum
dilakukan penelitian ada 2 siswa (6,06%), pada putaran I ada 5 siswa (15,15%),
dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Siswa yang aktif menjawab
pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (9,09%), pada putaran I ada
4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang
aktif mempresentasikan materi sebelum dilakukan penelitian ada 0 siswa (0%),
pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa
(18,18%). Siswa yang aktif mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan
penelitian ada 4 siswa (12,12%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada
putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Dengan demikian penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem dapat
meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/5/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/6/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/8/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/10/03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Setianingsih, Tatik (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090194</relation><recordID>23147</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Setianingsih, Tatik |
title |
Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23147/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/6/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/8/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/10/03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23147/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan
pasar dalam pembelajaran ekonomi melalui strategi pembelajaran Peer Lesson
dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode
observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas
data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat
daribanyaknya siswa yang: aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum
dilakukan penelitian ada 2 siswa (6,06%), pada putaran I ada 5 siswa (15,15%),
dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Siswa yang aktif menjawab
pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (9,09%), pada putaran I ada
4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang
aktif mempresentasikan materi sebelum dilakukan penelitian ada 0 siswa (0%),
pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa
(18,18%). Siswa yang aktif mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan
penelitian ada 4 siswa (12,12%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada
putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Dengan demikian penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem dapat
meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi. |
id |
IOS2728.23147 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:05Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742284517376 |
score |
17.538404 |