ctrlnum 23147
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23147/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Setianingsih, Tatik</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan&#xD; pasar dalam pembelajaran ekonomi melalui strategi pembelajaran Peer Lesson&#xD; dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek&#xD; penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura&#xD; yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode&#xD; observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas&#xD; data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah&#xD; deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,&#xD; penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya&#xD; peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat&#xD; daribanyaknya siswa yang: aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum&#xD; dilakukan penelitian ada 2 siswa (6,06%), pada putaran I ada 5 siswa (15,15%),&#xD; dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Siswa yang aktif menjawab&#xD; pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (9,09%), pada putaran I ada&#xD; 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang&#xD; aktif mempresentasikan materi sebelum dilakukan penelitian ada 0 siswa (0%),&#xD; pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa&#xD; (18,18%). Siswa yang aktif mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan&#xD; penelitian ada 4 siswa (12,12%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada&#xD; putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Dengan demikian penelitian ini dapat&#xD; disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem dapat&#xD; meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/5/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/6/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/8/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23147/10/03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Setianingsih, Tatik (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090194</relation><recordID>23147</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Setianingsih, Tatik
title Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Superitem Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23147/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/5/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/6/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/8/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/10/03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23147/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar dalam pembelajaran ekonomi melalui strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat daribanyaknya siswa yang: aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sebelum dilakukan penelitian ada 2 siswa (6,06%), pada putaran I ada 5 siswa (15,15%), dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (9,09%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang aktif mempresentasikan materi sebelum dilakukan penelitian ada 0 siswa (0%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 6 siswa (18,18%). Siswa yang aktif mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan penelitian ada 4 siswa (12,12%), pada putaran I ada 4 siswa (12,12%), dan pada putaran II naik menjadi 7 siswa (21,21%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lesson dengan Superitem dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi.
id IOS2728.23147
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:05Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:07Z
recordtype dc
_version_ 1765810742284517376
score 17.538404