Prestasi Belajar Dasar Akuntansi 1 Ditinjau Dari Cara Belajar Dan Sarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011

Main Author: Guntur, Guntur
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23135/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/8/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/
ctrlnum 23135
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23135/</relation><title>Prestasi Belajar Dasar Akuntansi 1 Ditinjau Dari Cara Belajar Dan Sarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011</title><creator>Guntur, Guntur</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F (uji signifikansi secara simultan), uji t (uji signifikansi secara parsial), dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 33,034 + 0,265X1 + 0,234X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh cara belajar dan sarana belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,988 &gt; 1,980 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 27%; 2) Sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,288 &gt; 1,980 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 21,7%; 3) Cara belajar dan sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 56,964 &gt; 3,072 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, adalah sebesar 48,7% sedangkan 51,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/8/Lampiran-Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23135/9/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Guntur, Guntur (2013) Prestasi Belajar Dasar Akuntansi 1 Ditinjau Dari Cara Belajar Dan Sarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090005</relation><recordID>23135</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Guntur, Guntur
title Prestasi Belajar Dasar Akuntansi 1 Ditinjau Dari Cara Belajar Dan Sarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23135/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/8/Lampiran-Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23135/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F (uji signifikansi secara simultan), uji t (uji signifikansi secara parsial), dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 33,034 + 0,265X1 + 0,234X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh cara belajar dan sarana belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,988 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 27%; 2) Sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,288 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 21,7%; 3) Cara belajar dan sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 56,964 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, adalah sebesar 48,7% sedangkan 51,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
id IOS2728.23135
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810742235234304
score 17.538404