Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Didik Paud Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Mei, Kristina Wulan |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23111/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23111/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak melalui media papan flanel pada kelompok B di PAUD Pelangi Ceria Jirapan,Masaran, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok B. pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator dan peserta didik kelompok B PAUD Pelangi Ceria Jirapan, Masaran, Sragen tahun pelajaran 2012/2013 sebagai subyeknya. Analisis data melalui metode observasi dari pembelajaran menggunakan metode bercerita, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media papan flanel. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase keterampilan berbicara anak, yakni sebelum tindakan dengan prosentase 37,3%, peningkatan siklus Idengan prosentase 44,6 %, peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 68,2 %. Dan peningkatan pada siklus III dengan prosentase 84,06 %. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.