Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | HAQUE, ARINA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23104/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/24/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/ |
ctrlnum |
23104 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23104/</relation><title>Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi
Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas
Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo
Tahun Pelajaran 2012/2013


</title><creator>HAQUE, ARINA </creator><subject>HF5601 Accounting</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru, 2) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan kontinuitas belajar, 3) perbedaan
prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 140 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian (Anova).
Berdasar hasil analisis varian (Anova) didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel persepsi siswa mengenai kompetensi guru dibagi menjadi tiga kriteria
yaitu, a) tinggi 132,52-125,46 sebanyak 9 siswa, b) sedang 118,4-104,28 sebanyak 91 siswa, c) rendah 97,22-90,16 sebanyak 0 siswa. 2) variabel kontinuitas belajar
dibagi menjadi dua kriteria, a) ajeg > 35,65 sebanyak 47 siswa, b) tidak ajeg < 35,65 sebanyak 53 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,127, probabilitas
0,722, dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,127 < 3,15 dan
0,722 > 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 0,23, probabilitas 0,879 dan Ftabel 4,00 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 5)
pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,02, probabilitas 0,960 dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,02 < 3,15 dan 0,960>0,05. Berdasarkan analisis
dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru. Hal ini terbukti
dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,127 < 3,15 dan 0,722 > 0,05, 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < F tabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 3) tidak ada
perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan
perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,02 < 3,15 dan 0,960 > 0,05
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23104/24/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> HAQUE, ARINA (2013) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090081</relation><recordID>23104</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
HAQUE, ARINA |
title |
Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi
Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas
Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo
Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
HF5601 Accounting LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23104/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/24/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23104/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru, 2) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan kontinuitas belajar, 3) perbedaan
prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 140 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian (Anova).
Berdasar hasil analisis varian (Anova) didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel persepsi siswa mengenai kompetensi guru dibagi menjadi tiga kriteria
yaitu, a) tinggi 132,52-125,46 sebanyak 9 siswa, b) sedang 118,4-104,28 sebanyak 91 siswa, c) rendah 97,22-90,16 sebanyak 0 siswa. 2) variabel kontinuitas belajar
dibagi menjadi dua kriteria, a) ajeg > 35,65 sebanyak 47 siswa, b) tidak ajeg < 35,65 sebanyak 53 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,127, probabilitas
0,722, dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,127 < 3,15 dan
0,722 > 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 0,23, probabilitas 0,879 dan Ftabel 4,00 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 5)
pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,02, probabilitas 0,960 dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,02 < 3,15 dan 0,960>0,05. Berdasarkan analisis
dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru. Hal ini terbukti
dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,127 < 3,15 dan 0,722 > 0,05, 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < F tabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 3) tidak ada
perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan
perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,02 < 3,15 dan 0,960 > 0,05
|
id |
IOS2728.23104 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742117793792 |
score |
17.538404 |