Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Cooperative Integrasi Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Main Author: | Suyatmi, Suyatmi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23103/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/7/Daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/8/Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/ |
ctrlnum |
23103 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23103/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Cooperative Integrasi Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012 / 2013</title><creator>Suyatmi, Suyatmi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Membaca adalah modal bagi seseorang untuk mempelajari buku dan mencari informasi tertulis. Membaca bagi seorang siswa juga menjadi modal agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain membaca, menulis juga harus dikuasai oleh siswa agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar. Karena itu, kemampuan membaca dan menulis bagi siswa menjadi modal utama untuk dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar atau kegiatan pembelajaran. Dengan bekal kemampuan membaca awal yang baik maka seorang anak dapat mempelajari ilmu lain, dapat mengkomunikasikan gagasannya dan dapat mengekspresikan dirinya. Siswa kelas I di SD Negeri 02 Jatipurwo selama ini masih memiliki keterampilan membaca dan menulis yang rendah, hanya 12 % siswa yang sudah terampil membaca dan menulis. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilihlah pendekatan CIRC. Metode ini dipilih karena merupakan metode pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang saling asuh antar siswa untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman. Metode ini dipilih untuk mengatasi masalah yang timbul dalam mengajarkan wacana pada siswa dan menumbuhkan gagasan-gagasan siswa. Kelebihan dari metode ini adalah siswa dapat bekerjasama dan menghargai pendapat dari siswa yang lain, menumbuhkan rasa senang yang merangsang untuk siswa aktif dalam kelompoknya, meningkatkan kualitas gagasan dan membentuk kemurnian ungkapan dalam interaksi dan pemecahan masalah kreatif.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi siswa dan hasil test belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa, dengan nilai tuntas pra siklus adalah 15,79 %, siklus I sebesar 52,63% dan Siklus II mendapatkan hasil maksimal sebesar 89,47%. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya dapat menmukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan dan dapat kreatif dalam menentukan strategi dan alat pembelajaran guna meningkatkan kemampuan belajar membaca dan menulis permulaan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/7/Daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23103/8/Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> Suyatmi, Suyatmi (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Cooperative Integrasi Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A1000 64</relation><recordID>23103</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Suyatmi, Suyatmi |
title |
Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Metode Cooperative Integrasi Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2012 / 2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23103/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/7/Daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/8/Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/23103/ |
contents |
Membaca adalah modal bagi seseorang untuk mempelajari buku dan mencari informasi tertulis. Membaca bagi seorang siswa juga menjadi modal agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain membaca, menulis juga harus dikuasai oleh siswa agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar. Karena itu, kemampuan membaca dan menulis bagi siswa menjadi modal utama untuk dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar atau kegiatan pembelajaran. Dengan bekal kemampuan membaca awal yang baik maka seorang anak dapat mempelajari ilmu lain, dapat mengkomunikasikan gagasannya dan dapat mengekspresikan dirinya. Siswa kelas I di SD Negeri 02 Jatipurwo selama ini masih memiliki keterampilan membaca dan menulis yang rendah, hanya 12 % siswa yang sudah terampil membaca dan menulis. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilihlah pendekatan CIRC. Metode ini dipilih karena merupakan metode pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang saling asuh antar siswa untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman. Metode ini dipilih untuk mengatasi masalah yang timbul dalam mengajarkan wacana pada siswa dan menumbuhkan gagasan-gagasan siswa. Kelebihan dari metode ini adalah siswa dapat bekerjasama dan menghargai pendapat dari siswa yang lain, menumbuhkan rasa senang yang merangsang untuk siswa aktif dalam kelompoknya, meningkatkan kualitas gagasan dan membentuk kemurnian ungkapan dalam interaksi dan pemecahan masalah kreatif.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi siswa dan hasil test belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa, dengan nilai tuntas pra siklus adalah 15,79 %, siklus I sebesar 52,63% dan Siklus II mendapatkan hasil maksimal sebesar 89,47%. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya dapat menmukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan dan dapat kreatif dalam menentukan strategi dan alat pembelajaran guna meningkatkan kemampuan belajar membaca dan menulis permulaan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. |
id |
IOS2728.23103 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810742112550912 |
score |
17.538404 |