Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Wagimin, Wagimin
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/5/BAB_II..pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/18/PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/
ctrlnum 23094
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23094/</relation><title>Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Wagimin, Wagimin</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan.&#xD; Pada observasi awal kelas IV SD Negeri 2 Doplang Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013 selama pembelajaran ditemukan kelamahan-kelemahan, maka dari itu perlu&#xD; adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 02 Doplang Karangpandan 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsesrvasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode diskusi terbimbing yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik deskreptip kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil&#xD; belajar siswa pada siklus I ranah kognitif = 72,25 atau meningkat sebesar 3,15 dari nilai awal, ranah perilaku afektif = 16,25(berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 78,55 (berhasil) atau meningkat sebesar 6,3 dari siklus I, ranah afektif =22,15 (sangat berminat) atau menngkat sebesar 5,9 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode diskusi terbimbing siswa kelas IV SD Negeri 02 Doplang Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013 pada penilaian aspek kognitif dan aspek afektif.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/5/BAB_II..pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23094/18/PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> Wagimin, Wagimin (2013) Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A100094</relation><recordID>23094</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wagimin, Wagimin
title Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/5/BAB_II..pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/18/PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23094/
contents Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Pada observasi awal kelas IV SD Negeri 2 Doplang Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013 selama pembelajaran ditemukan kelamahan-kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 02 Doplang Karangpandan 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsesrvasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode diskusi terbimbing yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik deskreptip kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I ranah kognitif = 72,25 atau meningkat sebesar 3,15 dari nilai awal, ranah perilaku afektif = 16,25(berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 78,55 (berhasil) atau meningkat sebesar 6,3 dari siklus I, ranah afektif =22,15 (sangat berminat) atau menngkat sebesar 5,9 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode diskusi terbimbing siswa kelas IV SD Negeri 02 Doplang Karangpandan tahun pelajaran 2012/2013 pada penilaian aspek kognitif dan aspek afektif.
id IOS2728.23094
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810742071656448
score 17.538404