Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Sumardi, Sumardi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23083/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/9/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23083/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia melalui metode tutor sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jumlah tindakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk masing-masing siklus. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data hasil penelitian dapat dilihat hasil belajar siswa yaitu dari 54% (pra siklus) meningkat menjadi 66,7% (siklus I) dan 93,3% (siklus II). Kemudian dari hasil belajar siswa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian, maka hipotesis penelitian yang berbunyi :“Metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatikuwung tahun pelajaran 2012/2013”.telah terbukti kebenarannya.