Peningkatan Motivasi Belajar Ips Dengan Metode Concept Mapping Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Girilayu Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Siswahyuni, Siswahyuni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23079/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23079/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran concept mapping pada Siswa Kelas V semester 2 SD Negeri 01 Girilayu Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Girilayu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Indikator pencapaian dalam penelitian ini adalah persentase rata-rata motivasi belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85%. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode concept mapping dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 01 Girilayu Matesih kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 pada siklus I 62,3% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 86,5%.