Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Murwoto, Hendro |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23070/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/7/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/9/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/10/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/11/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23070/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Tujuan Umum penelitian ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Sedangkan Tujuan Khusus Penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013.. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 02 Karangpandan semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai ? 75 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila telah mencapai angka 80% siswa yang mendapat nilai 75 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil tes setiap akhir siklus dan ketuntasan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebelum diberi tindakan, setelah diberi tindakan siklus 1 dan siklus 2 adalah 47%, 72%, dan 92%. Nilai rata-rata hasil tes pra siklus, akhir siklus 1 dan akhir siklus 2 secara berturutturut yaitu 79; 81; dan 84. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas, disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.